Film Sejarah Indonesia yang Wajib Kamu Tonton

Jasmerah, jangan sekali kali melupakan sejarah. Itulah yang digandang gandang oleh sang proklamator kita Ir. Soekarno. Jika jaman dulu ingin mengetahui sejarah harus belajar di sekolah atau membaca buku di perpustakaan, kini dengan menonton film sejarah kamu bisa dengan mudah menangkap rangkuman dari apa yang terjadi di masa lampau. Selain makin pintar, kamupun mendapat hiburan berupa film. Asyik bukan?

Beberapa film sejarah indonesia dibawah ini wajib kamu tonton supaya mengetahui perjuangan dan pengorbanan para pahlawan terdahulu kita.

Kartini (2017)

Sesuai dengan judul filmnya, kartini mengisahkan perjuangan pahlawan wanita yang paling populer di Indonesia. Kamu harus menonton filmnya supaya tahu bagaimana seorang kartini memperjuangankan kesetaraan gender, hingga kesetaraan tingkat sosial. Kartini memiki pandangan bahwa semua manusia sama, memilik hak pedidikan dan bersuara. Tidak mengenal pria atau wanita, kaya atau miskin, suku manapun semuanya berhak untuk itu.

Baca Juga : Film Kolosal Indonesia yang Populer Dimasanya

Guru Bangsa : Tjokroaminoto (2015)

Selepas tanam paksa yang dilakukan oleh pemerintahan Nippon, kondis masyarakat sangat memprihatinkan. Kemiskinan dan kesenjangan sosial terjadi dimana mana. Berangkat dari keresahan tersebut Tjokroaminoto berjuang keras menyetarakan hak dan martabat di masyarakat indonesia.

Oemar said Tjokroaminoto yang diperankan oleh aktor kawakan Reza rahardian lahir dari darah bangsawan jawa yang memiliki latar belakang keislaman yang kuat. Ia rela melepaskan gelar kebangsawanannya dan turun ke bawah untuk menyelamatkan bangsa. Tjokro berjuang mendirikan organisasi Sarekat Islam dimana organisasi tersebut merupakan organisasi terbesar pertama yang memiliki anggota hingga 2 juta orang.

Soekarno (2013)

Soekarno merupakan film biografi adaptasi dari kehidupan nyata sang proklamator Indonesia Ir Soekarno.

Film ini bercerita awal mula sang proklamator lahir. Hingga aksinya dalam meraih kemerdekaan republik Indonesia.

Sukarno kecil yang awalnya bernama Kusno adalah anak yang sering sakit sakitan. Sang ayahpun mengganti nama anaknya dengan nama Soekarno dengan harapan anaknya tersebut menjelma menjadi kesatria dalam pewayangan layaknya tokoh adipati Karno. Cita cita ayahnya terpenuhi. Soekarno muda menjelma menjadi seorang orator ulung yang membahayakan kesetabilan pemerintahan penjajah Hindia belanda dan Jepang. Bersama rekanya Hatta dan Sjahrir, Soekarno berusaha keras merebut kemerdekaan RI.

Sang Pencerah (2010)

Sang pencerah adalah film yang mengisahkan seorang kiyai pendiri Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan. Berdasar dari kesadaranya bahwa masyarakat muslim Indonesia yang tradisinya banyak melenceng dari agama Islam, KH Ahmad Dahlan berjuang sekeras mungkin supaya ajaran Islam di bumi pertiwi kembali lurus. Perjuagan KH Ahmad Dahlan benar benar mengalami hambatan. Beliau harus berhadapan dengan keyakinan para pemuka agama tanah air yang teguh menganut ajaran tradisinya.

Itulah beberapa film sejarah indonesia yang diangkat dari kisah nyata perjuangan pahlawan. Film film tersebut sangat kami rekomendasikan untuk kamu tonton supaya menambah ilmu dan wawasan tentang sejarah negara Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *